Halaman

    Social Items

Tips Menghindari Penipuan Saat Belanja Online di Facebook

Akhir-akhir ini banyak penjual online yang bertebaran di facebook dengan menjual harga barang yang sangat menggiurkan, harga yang ditawarkan tak main-main, yang membuat anda pasti tergiur jika tidak mewasapadainya. Harga yang ditawarkan sangat tidak wajar dari harga pasaran. Hampir setengah harga dari harga pasaran yang beredar.

Barang yang sering ditawarkan lewat online yang rentan untuk terjadinya penipuan, yang sering saya lihat banyak penjual gadungan yang menjual kamera DSLR dengan harga cuma Rp 1,5 juta, harga yang cukup murah dan itupun gambar yang disuguhkan sangat menggoda, kamera DSLR dengan aksesoris yang begitu komplit sangat tidak masuk akal jika dibandrol dengan harga yang sangat miring, pikir saja secara logika dan nalar anda. Harga lensa untuk kamera DSLR saja 1 jutaan lebih. Jika anda tidak jeli dan teliti dalam memilih toko atau penjual online yang terpercaya. Maka, anda harus siap-siap merelakan uang anda untuk lenyap begitu saja oleh para penipu di dunia maya.

Nah, untuk menghindari hal tersebut saya mencoba membagikan tips agar anda terhindar dari penipuan di dunia maya. Saya akan berbagi berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama terjun di dunia maya. Jadilah pembeli yang jeli dan cerdas. Sebenarnya penipu di dunia maya sangat mudah dikenali jika anda sudah jeli dan teliti menggunakan akal sehat anda.

Berikut tips menghindari penipuan saat belanja online di facebook

 

1. Kenali profil penjual lebih jauh lagi

 

Sebelum melihat barang yang ditawarkan, coba anda teliti sejenak tentang profil penjual, jangan sampai anda tergoda begitu saja, jika profilnya banyak yang menggunakan foto gadis cantik, seolah-olah cewek itu asli orangnya dengan mengunggah banyak foto yang sama di akun facebooknya. Bisa jadi foto yanga nda lihat itu hasil comotan dari google. Perhatikanlah akunnya, lihat berandanya apakah dia memiliki banyak teman yang aktif berkomentar, ataukah berandanya hanya berisikan produk promosi yang sifatnya menipu!! Ingat memiliki banyak teman yang aktif, bukan banyak teman dari hasil boot otomatis untuk memperbanyak teman. Karena ada yang pernah saya perhatikan penjual yang pertemanannya hampir penuh hingga 5 ribuan. Tapi semuanya mencurigakan alias palsu.

2. Perhatikan kualitas foto atau gambar yang di upload oleh penjual

Banyak penjual online yang memiliki niat yang tidak baik dengan mengunggah foto produk yang di comot atau ambil dari google. Itu bisa terlihat jelas dan sangat mudah anda kenali dari kualitas foto atau gambarnya. Biasanya, foto yang diambil dari google kemudian diupload ulang kualitasnya akan menurun, akan nampak kabur dna sedikit blur dari aslinya. Ini menandakan bahwa gambar tersebut tidak asli, bisa saja foto atau gambar itu diambil dari mesin pencari yaitu google.

3. Perhatikan harga yang ditawarkan, jika di bawah harga pasaran anda patut waspada!

 Jangan cepat tergiur dengan harga miring yang tidak sesuai dengan harga di pasaran. Banyak para penjual atau penipu di dunia mya menawarkan harga miring yang sangat menggoda, jangan anda sampai terbuai dengan harga yang pantastis tersebut. Rata-rata orang yang berniat untuk menipu memberikan harga minim. Ini paling gampang ditebak maksud dari penjualnya. Tetap wasapda sebelum membeli.

4. Jangan bertransaksi langsung ke penjual, usahakan menggunakan rekber

Rekber merupakan singkatan dari rekening bersama, transaksi menggunakan rekber uang anda akan aman dari para penipu online. Rekber ini bisa dikatakan orang yang memfsilitasi transaksi antara penjual dengan pembeli atau pihak ketiga yang berperan dalam aktivitas transaksi, sehingga uang dari pembeli tetap aman, dan jika barang tidak dikirim oleh penjual otomatis uang tidak akan diterima oleh penjual tersebut.

Untuk pemilihan jasa rekber gunakanlah rekber yang sudah familiar seperti bertransaksi lewat Tokopedia.com dan Bukalapak.com, kedua situs ini sudah tidak diragukan lagi untuk masalah kemanan. Anda pasti sering melihat iklan mereka di TV, meskipun situs ini berupa toko online tapi bisa anda manfaatkan sebagai rekber. Jangan pernah transaksi langsung dengan penjual jika anda ragu.

5. Lihat review atau reputasi penjual dengan melihat testimoni para pembeli

Sebelum melihat dan membeli produk yang ditawarkan penjual dumay, usahakan anda lihat review dari para pembeli atau paling populer disebut testimoni. Yaitu, kesaksian para pembeli yang sudah melakukan transaksi pembelian terhadap toko online tersebut. Dan, jangan lupa terus memantau toko online tersebut untuk meyakinkan anda bahwa toko online tersebut benar-benar dapat dipercaya.

Nah, itulah tips untuk menghindari penipuan di dunia maya saat belanja online di facebook, semoga tips ini bermanfaat. Yuk, bagikan ke teman-teman kamu agar mereka tahu dan terhindar dari penipuan saat belanja online.

Ingat pesan Bang Napi!

Wasapadalah, kejahatan itu datang bukan karena adanya niat pelaku, melainkan adanya kesempatan, WASPADALAH!!

No comments

Berikan komentar anda sesuai dengan topik yang sedang di bahas, jangan melakukan spam, komentar spam akan di hapus secara permanent.
Terima kasih atas pengertiannya.